BAGAIMANA MENGAJUKAN KELUHAN

RYCAM adalah salah satu proyek didanai oleh IKI (International Climate Initiative) yang berada di bawah Kementerian Ekonomi dan Perlindungan Iklim Republik Federal Jerman (BMWK - Federal Ministry for Economic Affairs and Climate Action of Germany).

Mekanisme pengaduan keluhan untuk proyek-proyek IKI mengikuti mekanisme Pengaduan Independen IKI (ICM - Independent Complaint Mechanism) berlaku di seluruh dunia untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan proyek-proyek IKI.

  • Setiap orang atau sekelompok orang, atau masyarakat yang telah atau mungkin terkena dampak negatif dari proyek IKI dapat mengajukan pengaduan.
  • Selain itu, mereka yang ingin melakukannya dapat melaporkan masalah integritas dan/atau korupsi, seperti penyalahgunaan dana, penipuan, dll.
  • Terakhir, jika seseorang mengalami pembalasan sehubungan dengan proyek IKI atau pengaduan, mereka juga dapat menggunakan saluran ini.
  • Orang yang terkena dampak dapat memberikan wewenang kepada perwakilan untuk mengajukan dan menindaklanjuti pengaduan atas nama mereka.

Pengaduan dapat diajukan dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa Indonesia. Jika memungkinkan, terjemahan harus disediakan dalam bahasa Inggris. Jika tidak, IKI ICM akan menerjemahkan pengaduan tersebut dan memberikan tanggapan dalam bahasa Indonesia.

IKI ICM akan menjaga kerahasiaan setelah menerima pengaduan jika diminta oleh pelapor. Hal ini termasuk nama dan identitas pelapor dan perwakilan yang ditunjuk.

Jika pengungkapan mungkin diperlukan untuk menangani pengaduan, IKI ICM akan berkonsultasi dengan pelapor sebelum mengungkapkan informasi rahasia apa pun.

FORMULIR

Keluhan kepada ICM dapat diajukan melalui beberapa cara berikut ini:

  • Mengirimkan formulir pengaduan melalui surat ke: IKI Independent Complaint Mechanism c/o ZUG GmbH, Stresemannstrasse 69-71, 10963 Berlin, Jerman atau melalui email ke: IKI-complaints(at)z-u-g.org
  • Mengisi Formulir Pengaduan ICM IKI (Bahasa Inggris | dokumen)
  • Mengirim rekaman suara atau video
  • Pelapor juga dapat menghubungi kami via telepon ke: +4930700181108

INFORMASI

Pengaduan harus menyertakan informasi sebagai berikut:

  • Nama, lokasi, dan jenis proyek IKI yang terkait dengan pengaduan;
  • Deskripsi pengaduan dan kerugian yang ditimbulkan atau diperkirakan akan ditimbulkan;
  • Deskripsi tentang bagaimana kerugian yang ditimbulkan atau diperkirakan akan ditimbulkan terkait dengan kegiatan proyek IKI.
  • Nama, alamat, dan rincian kontak lainnya, serta informasi tentang tingkat kerahasiaan yang harus dijaga. Pelapor juga dapat memutuskan untuk tetap anonim, namun dalam hal ini panel mungkin tidak dapat menggunakan seluruh perangkatnya.

Jika memungkinkan, informasi berikut ini juga harus diberikan:

  • Informasi yang relevan yang berkaitan dengan pengaduan atau yang relevan dengan pengaduan (misalnya salinan dokumen, laporan media, foto, rekaman video, rekaman suara);
  • Ikhtisar langkah-langkah (misalnya langkah hukum, akses ke mekanisme pengaduan lain dan/atau prosedur penyelesaian sengketa, kontak dengan organisasi pelaksana) yang direncanakan atau telah diambil untuk menyelesaikan masalah, khususnya jalan lain atau upaya untuk menghubungi pejabat proyek secara lokal atau menggunakan mekanisme pengaduan berbasis proyek;
  • Nama karyawan dalam organisasi pelaksana yang berhubungan dengan pelapor (jika ada).

Sumber:
https://www.international-climate-initiative.com/en/about-iki/values-responsibility/independent-complaint-mechanism/how-to-file-a-complaint/